Senin, 26 November 2012

BELAJAR PERKEMBANGBIAKAN HEWAN

PERKEMBANGBIKAN HEWAN
  • Perkembangbiakan hewan pun ada yang secara kawin atau generative dan ada yang tidak kawin atau vegetative. Hewan yang berkrmbang biak secara kawin atau generative terdiri dari 3 cara, yaitu berkembang biak dengan cara bertelur, melahirkan, dan ada yang bertelur dan melahirkan.
  • Hewan yang berkembang biak dengan bertelur contohnya ayam, bebek, burung, ikan, cecak, katak, buaya dan lain sebagainya. Pada perkembangbiakan secara bertelur contohnya ayam, Isi telur ayam merupakan hasil pembuahan antara sel kelamin betina dan sel kelamin jantan. Ayam betina akan menghasilkan sel kelamin betina terbentuklah zigot. Ayam jantan membuahi sel telur saat sel telur masih ada di dalam tubuh ayam betina. Pada hewan ini, zigot dilindungi oleh cangkang kemudian dikeluarkan dari tubuh induknya yang disebut telur. Telur kemudian dierami sampai menetas. Hewan yang berkembang biak secara bertelur disebut Ovipar.
  • Hewan yang berkembang biak secara melahirkan akan mengalami kehamilan. Masa itu dinamakan masa embrio yang dikandung di dalam perut induk betina. Embrio akan memperoleh sari makanan dari tubuh induknya lewat plasenta atau tali pusar. Setelah perkembangannya sempurna, maka akan dilahirkan oleh induknya. Perkembangbiakan secara melahirkan disebut Vivipar. Contoh hewan yang melahirkan atau beranak banyak sekali seperti : kelinci, kambing, sapi, gajah, harimau, kerbau dan lain-lain.
  • Cara berkembang biak bertelur dan beranak disebut Ovovivipar. Induk betina akan bertelur tetapi telurnya tidak dikeluarkan melainkan tetap berada didalam tubuh induknya, Setelah berkembang sempurna maka telur tersebut akan menetas keluar sebagai bayi bersama cangkang telurnya. Contoh hewan ini adalah kadal dan ular.
  • Hewan yang berkembang biak secara vegetative atau tidak melalui perkawinan dibedakan menjadi 3 yaitu secara tunas, membelah diri dan fragmentasi. Contoh yang berkembang biak dengan tunas adalah hydra. Contoh hewan yang membelah diri adalah amuba. Amuba adalah hewan yang bersel satu. Amuba hanya dapat dilihat melalui mikroskop. Contoh lainnya adalah bakteri. Sedangkan contoh hewan yang berkembang biak secara fragmentasi adalah cacing pipih. Fragmentasi adalah pemotongan bagian tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Selamat Datang.....
Silahkan Berkomentar